Minggu, 09 November 2014

JAZZ WITH NATURE (Budgeting) - Task



FESTIVAL MUSIK JAZZ DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESADARAN PELESTARIAN ALAM DI BALI 2014
“JAZZ WITH NATURE”

Penyelenggara Event: Yayasan Bali Bahari
Venue (Tempat)        : Pantai Peninsula, Nusa Dua, Bali
Waktu                        : 29-31 Desember 2014
Participants               :
Masyarakat Umum baik Lokal maupun wisatawan Asing dengan Target 500 orang/hari

Turut Mengundang:
·         Musisi Jazz Nasional dan Internasional
·         Menteri Lingkungan Hidup Indonesia
·         Pemerintah Provinsi Bali
·         Truna-Truni Bali 2014

Kegiatan                    :
29 Desember 2014
08.00   Sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup Indonesia dan Gubernur Bali.
09.00   Penanaman 10.000 pohon Mangrove.
12.00   Makan siang.
13.30   Pembukaan Pameran dan Festival Jazz di Peninsula.
14.00-Selesai   Hiburan dari musisi Jazz Nasional dan Internasional, acara Lelang dan Pameran.

30 Desember 2014
08.00-Selesai   Festival dibuka kembali.

31 Desember 2014
08.00   Festival dibuka kembali.
21.00   Penutupan oleh Ketua Yayasan dan penyerahan dana secara simbolis kepada Balai Konservasi Mangrove, Perwakilan dari Taman Nasional Bali Barat, dan Kepala Desa Kubu, Karangasem.

Sponsorship               :
1.      Larutan Cap Badak
2.      PT Coca Cola Company
3.      Teh Sariwangi
4.      Minyak Kayu Putih Cap Lang
5.      PT Indosat
6.      Kompas Gramedia
7.      Radio Republik Indonesia (RRI), Bali
8.      Bank Negara Indonesia (BNI) Gajah Mada, Denpasar
9.      Dinas Kehutanan Provinsi Bali
10.  Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Bali
11.  Bali Tourism Development Center

Daftar Musisi             :
Nasional:

1.      Bebi Romeo
2.      Indra Lesmana
3.      D’Cinammons
                     4.      Maliq and D’Essentials 
                     5.      Tompi 
                     6.      Sany Sandoro
                     7.      Tulus 
                     8.      Glen Fredly
                     9.      Raisa


Internasional:
1.      Jeremy Tordjman
2.      Nita Artsen
3.      Jerry De Leon
4.      The Brag Pack
… Beserta Crew

 Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

 


PENDAPATAN
Sumber Dana Jumlah Target/3day
Tiket (Entrance Fee)
Locals  Rp  250,000 Per Pax 750  Rp  187,500,000
Foreigners  Rp  500,000 Per Pax 750  Rp  375,000,000
Penyewaan Booth (3x3 m)  Rp 6,000,000 Per Unit 24  Rp  144,000,000
Bantuan Sponsor
1 Larutan Cap Badak  Rp       1,000,000
2 Minyak Kayu Putih Cap Lang  Rp       2,500,000
3 Teh Sariwangi  Rp       1,250,000
4 The Coca Cola Company  Rp       2,500,000
5 PT Indosat  Rp       3,000,000
6 Kompas Gramedia  Rp       1,500,000
7 Radio Republik Indonesia (RRI), Bali  Rp       1,000,000
8 Bank Negara Indonesia (BNI) Gajah Mada, Denpasar  Rp      14,500,000
9 Dinas Kehutanan Provinsi Bali  Rp      10,000,000
10 Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Bali  Rp      13,000,000
11 Bali Tourism Development Center  Rp        2,750,000
Hasil Lelang
Barang-Barang Kesenian
1 Lukisan 10 Buah  Rp   67,000,000
2 Keramik 15 Buah  Rp 115,000,000
3 Kain Endek 7 Buah  Rp   25,000,000
4 Kain Batik 5 Buah  Rp   17,000,000
5 Kain Songket 7 Buah  Rp   32,000,000
6 Perhiasan 10 Buah  Rp 127,000,000
Barang-Barang Artis 15 Buah  Rp  129,320,000
TOTAL Pendapatan  Rp 1,271,820,000
 
 
PENGELUARAN
Keperluan Jumlah
Biaya Percetakan
1 Percetakan Proposal dan Surat-Surat Paket  Rp     1,000,000
2 Percetakan Baliho dan Backdrop (paket) Paket  Rp     2,000,000
3 Percetakan Brosur dan Tiket (Paket) Paket  Rp     3,500,000
Biaya Perizinan
1 Izin Penggunaan Venue 1  Rp        500,000
2 Izin Gangguan/Keramaian 1  Rp        500,000
3 Izin Keamanan dan Ketertiban Paket  Rp        950,000
Biaya Operasional
1 Listrik/Genset Paket  Rp    24,000,000
2 Air Paket  Rp    20,000,000
3 BBM Paket  Rp      1,000,000
4 Pulsa Paket  Rp      1,000,000
Biaya Sewa
1 Tempat (Venue) 1  Rp  199,000,000
2 Akomodasi (Westin) Paket  Rp  115,000,000
3 Transportasi Paket  Rp   47,000,000
4 Stage 1  Rp   10,000,000
1 Administrasi Artis Paket  Rp   53,000,000
2 Konsumsi Artis Paket  Rp   18,000,000
3 Honor Artis Paket  Rp   67,300,000
Biaya Kepanitiaan
1 Biaya Technical Meeting Paket  Rp      1,000,000
2 Biaya Bidding & Sponsorship Paket  Rp      1,000,000
3 Konsumsi /Chatering Paket  Rp      6,000,000
Total  Rp  571,750,000
Biaya Tak Terduga 5%  Rp    28,587,500

TOTAL Pengeluaran  Rp   600,337,500

 
1 Konservasi Mangrove 10000 bibit  Rp    50,000,000
2 Konservasi Jalak Bali (TNBB)  Rp   100,000,000
3 Beasiswa  Rp   521,482,500
Charity Value  Rp  671,482,500


Sekilas Tentang Event

    Festival Musik Jazz ini menyajikan tema yang berbeda yang diselaraskan dengan filosofi masyarakat Bali yaitu, Tri Hita Karana. Tri Hita Karana merupakan wujud saling mengasihi antara Sesama Manusia, Lingkungan Hidup (Tumbuhan dan Hewan) dengan tetap mensyukuri segala anugrah Tuhan. Berdasarpak hal tersebut maka tema yang pantas untuk Charity Festival ini adalah “Jazz with Nature”. Dana yang diperoleh dari event ini akan disumbangkan kepada Balai Konservasi Mangrove, Taman Nasional Bali Barat sebagai tempat konservasi Jalak Bali dan Beasiswa kepada ratusan anak kurang mampu dari Desa Kubu, Karangasem. 

     Selain itu, festival Music Jazz ini juga melibatkan musisi Jazz ternama baik nasional maupun internasional. Untuk akomodasi mereka beserta crew, Hotel Westin dipilih karena dianggap paling strategis dengan venue dan memiliki standar internasional bintang lima sehingga dapat menjamin kepuasan para musisi tersebut. Untuk transportasi, PT Seruni Transport yang akan meng-handle kebutuhan transportasi para musisi tersebut, dengan fasilitas shuttle yang nyaman. Kami juga telah berkerja sama dengan Polsek Kuta Selatan dan Satuan Pengamanan dari BTDC untuk meningkatkan/menjaga keamanan dan Ketertiban dari acara ini. Dua buah Mobil Pemadam Kebakaran dan sebuah Ambulance juga disiagakan.

The Westin's Twin Room

The Westin's Resto


Shuttle Service (untuk Musisi Jazz)
 

Peninsula, Nusa Dua
     Lokasi ini dipilih sebagai tempat diselenggarakannya Festival Jazz ini karena pemandangan pantainya yang cantik, lokasinya yang esklusif dan berkelas internasional, aksesnya juga mudah dan cukup luas sebagai tempat penyelenggaraan event dengan kapasitas ribuan orang.


Patung Arjuna dan Kresna, di Tengah Taman Peninsula

Taman Peninsula yang hijau sebagai tempat pelaksanaan event

Sunset di Taman Peninsula

Pantai Peninsula yang berpasir putih



Booth
      Stand/Booth yang disediakan merupakan daya tarik tersendiri dari festival ini. Booths tersebut akan diisi oleh beberapa hotel dan wirausahawan yang hendak memasarkan produknya. Festival ini bisa menjadi ajang bertemunya seller dan buyer yang nantinya member manfaat tersendiri bagi mereka. Produk yang ditawarkan diantaranya barang-barang kesenian, paket tour, makanan khas Bali hingga Western Foods.





Sponsorship
Cara kami mendapatkan sponsor adalah dengan melakukan pendekatan sebagai berikut:
  • Segmenting 
Mula-mula kami membuat daftar/list dari calon sponsor, baik internal maupun eksternal. Kemudian data yang telah diperoleh dipilah lagi dan disesuaikan dengan tema event yang akan diselenggarakan.
  • Targeting
Setelah diperoleh nama-nama sponsor yang kiranya memiliki kemungkinan besar untuk berkerja sama (potensial), baru mulai membuat surat permohonan kerja sama dilengkapi dengan proposal (bid document) dan peralatan presentsi (bila perlu).
  • Positioning
Kemudian mulai menyebarkan leaflat, dan promosi dimedia elektronik untuk meningkatkan kemungkinan mendapat sponsor. Meyakinkan sponsor tersebut tentang kredibilitas perusahaan dan sebagainya.

        Kami yakin event ini akan sukses dan berjalan dengan baik, karena sebagian besar perusahaan telah menyiapkan dana untuk bantuan sosial. Tema festival ini juga sangat menarik dan kemungkinan besar akan mendorong lebih banyak participant. Dilihat dari aspek ekologi, festival ini akan mendorong masyarakat pecinta lingkungan untuk menyalurkan hobi mereka sebagi bentuk dari dukungan terhadap Bali Go Green and Clean. Sedangkan dari aspek ekonomi akan memajukan perekonomian Bali karena wirausahawan bisa memasarkan produknya melalui event ini baik dengan menyewa booth kami ataupun mengikuti lelang.

 
Layout Taman Peninsula


TEAMWORK with http://diyahstpbi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar