Rabu, 03 Desember 2014

Tanggapan dari Artikel “AS PASAR POTENSIAL WISATA KONVENSI” - Task


Ringkasan Artikel:

Berdasarkan analisis pasar, tiap tahunnya perusahaan-perusahaan di AS membelanjakan milyaran dolar AS untuk wisata konvensi bagi distributor, agen dan karyawannya.

Turis AS sangat peduli dengan kelestarian lingkungan hidup sehingga berbagai produk pariwisata dengan konsep eco friendly menjadi pilihan utama mereka. Promosi-promosi yang berlabel ramah lingkungan tentunya akan sangat efektif di pasar AS.

Untuk dapat menangkap pasar wisata konvensi dari wisatawan AS, perlu dilakukan pendekatan kepada Singapura (Singapore Airlines dan Singapore Tourism Board) dalam rangka merencanakan paket twin market antara Singapura dan Bali untuk paket MICE bagi AS.

Order-order MICE sangat ditentukan oleh pendekatan personal khususnya dengan agen MICE tertentu. Tak ketinggalan melakukan sales call ke pemerintah serta fleksibilitas dalam mengakomodasi permintaan organizer.

Selain itu, dari segi revenue grup MICE sangat tinggi, spending money wisatawan MICE 10 kali lebih besar daripada wisatawan biasa, karena wisatawan MICE dipastikan akan memakai kamar, menikmati kuliner dan ruang meeting. 

Banyaknya wisatawan mancanegara yang memilih Bali sebagai wisata MICE juga tidak terlepas dari keramahtamahan masyarakat dan lingkungan yang aman serta nyaman.

Tanggapan:

Menurut saya, artikel tersebut sangat menarik. Peluang untuk dilakukannya pendekatan kerjasama bilateral Indonesia (bukan hanya Bali) dengan Singapura dalam bidang wisata MICE sangat besar. Kerjasama ini juga akan lebih mudah terealisasi pada tahun 2015 mendatang dengan dibukanya ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan bergabungnya negara-negara di ASEAN dalam ASEAN Economic Community (AEC). Ini dapat dikatakan sebagai kerjasama mutualisme, karena Singapura bisa menyediakan tempat konvensi yang berkelas dunia dengan konsep eco friendly yang disukai participants asal AS dan Bali bisa menyediakan hiburan bagi participants AS yang jenuh dengan suasana dinas/rapat dengan menyuguhkan seni, budaya, serta keindahan alam dan keramahtamahan yang sudah mendunia.


Masyarakat Bali yang kental dengan Budaya Tradisional

Keceriaan dan keramahtamahan masyarakat Bali yang selalu terpancar dari senyum mereka

Keindahan alam Bali memberikan ketenangan dan kedamaian yang disebut Surga (Island of Paradise)

Garden by The Bay merupakan bangunan yang berkonsep Eco-building di Singapura

Garden by The Bay di malam hari memberikan kesan tersendiri bagi para penikmat seni dan keindahan alam yang bersatu dalam modernitas


 

1 komentar: